Pembuatan Permen Susu

Resep Pembuatan Permen Susu


Permen susu adalah sejenis permen yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu. Susu yang digunakan untuk pembuatan permen susu tidak memerlukan persyaratan mutu tinggi. Oleh karena itu, pembuatan permen susu merupakan suatu alternatif pengolahan untuk memanfaatkan susu yang bermutu rendah.

Pada prinsipnya, pembuatan permen susu berdasarkan reaksi karamelisasi yaitu reaksi kompleks yang menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dari gula menjadi bentuk amorf yang berwarna coklat. Gula dalam susu dipanaskan sampai seluruh air menguap sehingga cairan yang ada pada akhirnya adalah cairan gula yang lebur. Apabila keadaan telah tercapai dan terus dipanaskan sampai suhu melampaui titik lebur, maka mulai terjadi bentuk amorf berwarna coklat tua.


Permen sangat lekat dengan keseharian kita, terutama anak-anak. Bagi mereka, permen merupakan makanan kecil yang mengasyikkan. Apalagi dengan bentuk, warna serta rasa yang beragam. Secara umum, permen yang banyak beredar di kalangan masyarakat berjenis permen keras dan permen lunak 


Permen keras adalah permen yang padat teksturnya. Dimakan dengan cara menghisap. Permen jenis ini larut bersama air liur. Sementara permen lunak ditandai dengan teksturnya yang lunak. Jenis permen ini bukan untuk dihisap melainkan dikunyah. 


Permen susu adalah sejenis permen yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar susu dan gula.ini dapat membuka peluang kerja bagi penduduk suatu daerah.


Tahapan pembuatan permen susu sangat sederhana, yaitu meliputi persiapan bahan, pemanasan susu, penambahan gula, pengentalan, pencetakan dan pengemasan permen susu.


Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan permen susu adalah sebagai berikut:

Alat
Alat-alat yang dibutuhkan:
  1) Kompor
 ­­­­­ 2) Pengaduk
  3) Panci
  4) Pisau
  5) Wajan


Bahan
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  1) Susu Sapi : 5 liter
  2) Gula pasir/glukosa : 1% – 2% dari volume susu (10g-200g gula pasir untuk tiap 1 liter susu)
  3) agar agar 1 bungkus


Langkah pertama:
masak susu dalam wajan sambil diaduk aduk hingga mendidih.

Langkah kedua
Matikan kompor, kemudian tunggu susu sampai hangat

Langkah ketiga

Ambil sedikit susu lalu campur dengan 1 bungkus agar-agar, kemudian masukkan kembali ke susu yang sudah di didihkan, tambahkan gula 400 gr, aduk selama 5 jam hingga mengental


Langkah keempat
Angkat adonan dari kompor, kemudian segera masukkan dalam wadah hingga mengeras.

Langkah kelima
Potong adonan sesuai selera, lalu bungkus dengan kertas bungkus.

Langkah keenam
Permen siap di makan

Komentar